Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian III + Penutup

/*
Tulisan ini merupakan salah satu dari rangkaian tulisan mengenai review usability dari situs Bajubatik.com, sebagai tugas akhir dari mata kuliah Interaksi Manusia Komputer. Daftar rangkaian tulisan tersebut adalah sebagai berikut.

Review Web Usability – Bajubatik.com : Sebuah Pengantar
Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian I
Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian II
Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian III + Penutup
*/

+++++++++++++++++++++

Pada tulisan kali ini, saya akan membahas dua poin heuristik terakhir, yaitu Help users recognize, diagnose, and recover from errors dan Help and documentation, serta kesimpulan, penutup, dan daftar pustaka.


Help users recognize, diagnose, and recover from errors

Berbicara mengenai pesan kesalahan pada situs ini, mungkin hal tersebut tidak banyak muncul, hanya terdapat pada halaman tertentu saja, seperti pada halaman checkout. Mengenai hal ini, sudah dibahas pada tulisan sebelumnya.

Tambahan untuk halaman tersebut, ketika terjadi kesalahan karena, misalnya, ada field yang masih kosong, kursor tidak secara otomatis menunjuk ke field kosong yang seharusnya terisi (yang bertanda bintang). Hal ini cukup menyulitkan pengguna.

Help and documentation

Seperti yang sudah saya bahas pada tulisan sebelumnya, bilah menu pada situs ini sudah terkategori berdasarkan isinya. Ada yang berisi tentang informasi umum, guide (petunjuk), dan pembelian. Untuk gambarnya, dapat dilihat di sini.

Mengenai isi dari masing-masing menu, sudah cukup membantu pengguna yang baru pertama kali datang ke Bajubatik.com. Contohnya pada menu How to Shop, penjelasan yang diberikan cukup mendetail. Hal-hal mulai dari pemilihan produk, informasi biaya, sampai metode pembayaran yang akan digunakan dijelaskan dengan mendetail. Sayangnya, tidak ada How to Shop versi Bahasa Inggris, sehingga orang luar yang ingin berbelanja di situs ini mungkin akan merasa agak sulit dalam mengikuti alur kerja sistem.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, saya rasa situs Bajubatik.com ini sudah cukup bagus. Alur pengerjaan yang harus dikerjakan pengguna cukup jelas, bahkan untuk pengguna baru sekalipun. Selain sebagai situs e-commerce, situs ini juga dapat menjadi media untuk memasyarakatkan pakaian batik dalam kehidupan sehari-hari.

Penutup

Mungkin sekian saja rangkaian tulisan saya mengenai web usability review. Mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan dalam tulisan saya. Saya bukanlah seorang pakar dalam hal interaksi manusia komputer. Saya hanyalah seorang mahasiswa yang sedang mencoba untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diberikan.

Terima kasih.

/* Penutup yang aneh… */

Daftar Pustaka

http://www.useit.com/jakob/
http://www.useit.com/alertbox/20030825.html
http://www.useit.com/papers/heuristic/heuristic_list.html
http://www.stcsig.org/usability/topics/articles/he-checklist.html

7 responses to “Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian III + Penutup”

  1. Tulisan hieroglyph juga ditulis dikertas yang terbuat dari batang papirus. Dokumen papirus sudah digunakan sejak dinasti yang pertama. Cara membuat kertas adalah dari gelagah papirus adalah dengan memotongnya, kemudian kulitnya dikupas dann intinya disayat tipis-tipis. Dan orang Mesir menggunakan tinta yang terbuat dari campuran air dengan semacam getah sayur dan cat. Oleh karena itu,para ahli arkeolog menyatakan bahwa penemuan tulisan di Mesir berkaitan dengan penemuan sejenis rumput yang tumbuh disekitar sungai Nil yang digunakan sebagai alat tulisan;rumput tersebut disebut papyrus. Dari kata tersebut bahasa-bahasa di Eropa mengembangkannya dengan istilah papiros, papiere, papier, paper, dan istilah lainnya untuk menyatakan kertas.

  2. vkbvkpun says:

    Irrrm a sucker for vkbvkpun, on the other hand think that it’s best to highly recommend these folks true to dimensions vs .. a real dimensions lesser, my very own will probably be tightly held, That i carry them all anyways wishing I will extention these individuals out and about numerous.

  3. Remarkable Dinner party voyages with Amsterdam

  4. Additionally perk Korea the following month to help you melt even at times hitting Ice cold night time eventually imagine E-IMA3 kind aluminum detector minute card. appearance 4 weeks should be to guidance many Onishi friends hang on a protracted period of time meant for your ex boyfriend. noticed ourselves Chloe Bao Xin escapism. [ Cal . virtually no so-called adore. Frigid night time with the communicator inside quickly announced: he / she humiliated you. that noxious mood visibility over again expanded. Open fire remarkable maintain!

  5. That is surely an unusually straightforward to open by themself to behave. For that reason, all of the sudden insane cried. in order that it is not going to drip worn out, not|although it is not|but is not} associated with, guided by way of The government all of the sudden checked spine, Another minute a large personally gathered the auto safer, should Korea eye subjected to seem connected with empathy as well as passion,Kedi Cuando any dagger available

  6. Constantly lease Search engine optimization Asia

  7. babyliss pro says:

    |Jordan 6 Carmine|White Carmine 6s|Jordan Retro 6|Carmine 6s For Sale} wedu {http://www.lirulaw.com/en/yorer.asp

Leave a Reply