Let’s Blogwalking!

Pernah dengar istilah blogwalking? Ya, bagi Anda yang merupakan seorang blogger, istilah ini tentunya tidak asing di telinga Anda.

Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog orang lain. Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya mengecek tulisan terbaru dan mengecek balasan komentar kita pada suatu blog.

Biasanya blog yang banyak dikunjungi orang-orang diantaranya adalah blog yang sudah terkenal dengan tema tertentu, seperti komputer, desain grafis, dan tips & trik ngeblog. Selain itu, banyak juga orang yang mengunjungi blog kenalannya.

Terkadang, setelah membaca isi keseluruhan tulisan blog, si pengunjung meninggalkan komentar mengenai isi tulisan tersebut. Komentar itu bisa berupa pujian, berbagi pengalaman serupa, atau bahkan cacian karena si penulis menulis hal yang menyinggung hati si pengunjung.

Sebenarnya, kegiatan blogwalking ini adalah kegiatan yang sangat disarankan untuk dilakukan. Apalagi jika kita memang seorang blogger. Selain dapat berbagi pengalaman dengan orang lain (lewat dunia maya tentunya), kita juga dapat menjalin silaturrahim dengan si pemilik blog yang dikunjungi, karena biasanya si pengunjung, selain meninggalkan komentar, juga meninggalkan alamat blognya, sehingga si pemilik blog dapat mengunjungi balik blog si pengunjung.

Nah, sebuah tips dari saya, jika Anda ingin ber-blogwalking-ria dan ingin berkomentar di blog tujuan, bacalah isi tulisan secara keseluruhan. Kemudian, berikan komentar yang sekiranya sesuai dengan isi tulisan. Bukan, bukannya saya menyalahkan orang-orang yang menanggapi sebuah tulisan dengan hanya berkomentar “Mantap!”, “Nice post”, “Makasih infonya”, atau yang sejenisnya. Akan tetapi, akan lebih baik jika Anda memberi komentar yang agak “berbobot”, seperti berbagi pengalaman mengenai hal serupa atau berbagi pengetahuan mengenai hal yang dibahas.

Okelah kalo begitu. Selamat blogwalking!

-CMIIW-

*Disclaimer: Posting ini ditulis karena sang penulis agak “gerah” dengan keadaan di kampusnya, yang keadannya tidak dapat dirinci.*

Comments are closed.